KLIPING
Materi
Email
Disusun Oleh :
Ahmad
Baihaqi
17 / IX C
SMPN 5 DEPOK
SLEMAN
Februari 2014
BAB I
PENDAHULUAN
A. Sejarah
E-mail
E-mail
sejauh ini merupakan aplikasi paling populer di internet. Hampir semua orang,
khususnya pengguna internet, menggunakan fasilitas tersebut.
Dimulai pada
tahun 1968, di sebuah perusahaan yang bernama Bolt Beranek and Newman (BBN).
Perusahaan tersebut di sewa oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, untuk
membuat sesuatu yang disebut sebagai ARPANET, yang sekarang ini dikenal sebagai
internet. ARPANET sendiri adalah kependekan dari Advanced Research Projects
Agency Network. Tujuan dari perusahaan ini adalah untuk membuat sebuah metode
komunikasi yang diterapkan di dunia militer dan institusi pendidikan, agar
masing-masing dari mereka bisa saling berkomunikasi.
Pada tahun
1971, seorang pakar teknik bernama Ray Tomlinson yang menandatangani proyek
yang disebut SNDMSG. Proyek tersebuat bukanlah sebuah program baru, karena
kenyataannya sudah ada selama bertahun-tahun, bahkan saat itupun sudah dianggap
primitif. Maksud dan tujuannya adalah agar antar pengguna mesin yang sama,
memungkinkan untuk bisa saling berkirim pesan. Mereka bisa membuat file teks
yang kemudian dikirim ke kotak surat (mailbox) pada mesin yang sama.
Sebuah mailbox surat
hanya berisi file teks. Pada filetersebut dapat
ditambahkan data, tetapi tidak menghapus atau mengubahnya. Nama mailbox-nya
tak lain adalah nama dari fileteks itu sendiri.
Ray
menyanggupi untuk membuat aplikasi sederhana ini lebih banyak lagi. Saat
selesai, ia tengah mengerjakan sesuatu yang diberi nama CYPNET, yaitu bertujuan
untuk mentransfer fileantar komputer dalam ARPANET. Ide tersebut
terpikir bahwa CYPNET bisa menambah materi ke file mailbox sebagai
SNDMSG. Maka, Ray pun memodifikasi CYPNET agar memiliki kemampuan tersebut.
Setelah itu,
Ray membuat keputusan yang seolah mengubah sejarah, dengan menciptakan format
untuk alamat e-mail. Dia menetapkan tanda @ (baca : et) dan
nama node mesin, sebagaimana nama pada mailbox. Dia
gunakan tanda tersebut karena ada semacam sentuhan tersendiri, dan untuk
menunjukkan kepada penggunanya berada di rumah yang sangat luas, lebih dari
sekedar lokal.
Ray lalu
mencoba mengirim pesan ke dirinya sendiri. Dane-mail pertama telah
berhasil antara dua node PDP-10 dari jaringan ARPANET, tanpa
adanya upacara peluncuran. Sejarah telah dibuatnya.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Perkembangan
Email
Sejak saat
itu, pengguna e-mail tumbuh dengan cepatnya. Kenyataan
membuktikan bahwa sekitar dua tahun kemudian, 75% dari seluruh traffic ARPANET
berisi e-mail.
Satu dari
generasi awal program e-mail besar yang banyak digunakan
secara luas oleh umum adalah Eudora. E-mail clientpertama kali ini
ditulis oleh Steve Dorner pada 1988. Saat itu dia bekerja di Unuversitas
Illinois di Urbana-Champaign. Dan nama Eudora diambil dari seorang pengarang
Amerika yang sudah meninggal, Eudora Welty.
Eudora
adalah e-mail client pertama yang menyediakan tampilan grafik.
Pertama kali muncul, bisa digunakan secara gratis. Tetapi setelah dibeli oleh
Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk yang komersial.
Seperti
kebanyakan aplikasi di web, Selama bertahun-tahun Eudora merajai,
tetapi dengan cepat digeser oleh kedatangan e-mail client baru
dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua e-mail client baru
tersebut menjadi sangat populer, bukan lantaran lebih baik dari Eudora,
melainkan karena disediakan secara cuma-cuma oleh browser web-nya.
Dan
berdasarkan data yang dulu pernah dilaporkan oleh Forrester Research, bahwa
lebih dari setengah penduduk Amerika menggunakan e-mail rata-rata
setengah jam per harinya. Badan peneliti tersebut mengklaim, 87 juta penduduk
Amerika adalah pengguna e-mail yang aktif.
Persaingan
ketat
Pada tahun
1995, perusahaan web yang tidak didukung apapun kecuali dari
penjualan iklan, tetap masih bisa bertahan. Dan jumlah traffiic sangat
berpengaruh pada penjualan iklan tersebut.
Untuk
menarik perhatian dari para pengiklan, bagaimana pun,
perusahaan-perusahaan web mail tersebut harus menarik
kritik-kritik dari para pengguna. Dan waktunya cukup tepat : permintaan
yang tinggi untuk e-mail account pribadi,
upaya nekat untuk mengakses e-mail dari kantor, dan
ketertarikan dengan kesederhanaan sistem, maka orang dengan senang hati akan
menyisihkan waktunya untuk mengisi lembaran isian registrasionline,
untuk mengamankan e-mail gratis mereka.
Dan
lagi-lagi berdasarkan Forrester Research, pada pertengahan 1997, sekitar
setahun setelah diperkenalkannya web mail gratisan, jumlah
total pendaftarnya mencapai angka 10 juta.
Kate
Delhagen dari Forrester mengungkapkan, memang terbukti jika di depan jutaan
pengguna web, yang harus ditawarkan adalah sesuatu yang gratis,
karena bagaimana pun keuntungan tetap akan diraih.
Segala
sesuatu hampir berjalan sesuai yang direncanakan. Jumlah pendaftar meledak,
infrastruktur web berkembang, dan modal pinjaman terus
mengalir. Tetapi sumber penghasilan seolah tidak mau kompromi.
Para
pengiklan meragukan e-mail sebagai tempat mereka, karena
perhatian para pengguna e-mail hanya tertuju pada
pesan-pesannya saja, bukan pada iklan. Maka, dari sinilah mulai adanya
pemikiran untuk membuat spam (junk e-mail)
sebagai marketing tool, yang menodai reputasi e-mail.
Belum ada
setahun setelah terjadi guncangan terhadap bisnis mereka,
perusahaan-perusahaan e-mail gratisan melakukan valuasi
besar-besaran. Yahoo! membeli sebanyak satu juta pelanggan Fourl 1 senilai US$
93 juta pada Oktober 1997. Microsoft membeli 9 juta pelanggan Hotmail senilai
US$ 400 juta, dan Lycos membayar senilai US$ 133 juta untuk sejumlah 10,6 juta
pelanggan WhoWhere.
Pergerakan dari perusahaan yang telah mantap untuk menawarkan web
mail gratisan menjadi kabar buruk. Pelopor layanan online,
Juno, meluncurkan versi web dari layanan e-mailgratisannya.
Bahkan Qualcomm pun mengeluarkan versi web mailgratisan dari software Eudora
pada Desember 1997.
B. Anatomi
Alamat Email
Alamat email
terdiri dari dua bagian yang dipisahkan dengan tanda axon / @.
Di sebelah
kiri @ disebut user name (yandri), yang menunjuk pada identitas si pemilik
alamat email. User name bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama,
nickname, nomor, atau apapun juga. User name juga menjadi nama bagi emailbox
yang dimiliki seseorang di sebuah mail server.
Di sebelah
kanan @ (yahoo.com) disebut domain name, yang menunjukkan identitas mail server
di mana seorang user memiliki emailbox.
Domain name biasanya menunjukkan
nama perusahaan atau organisasi pemilik sebuah account. Misalnya :
-
liputan6@sctv.co.id (crew acara Liputan6 di SCTV)
-
ylbhi@ylbhi.org (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia)
-
kompas@kompas.com (Surat Kabar Harian Kompas) Selain itu, dari bagian paling
belakang dari sebuah email kita bisa memperoleh beberapa dugaan mengenai
pemiliknya.
- .com,
biasanya ini dimiliki oleh perusahaan komersial atau usaha bisnis lainnya
- .edu,
biasanya menunjukkan bahwa pemiliknya adalah sebuah universitas atau institusi
pendidikan
- .gov,
dimiliki oleh instansi pemerintah
- .mil,
dimiliki instansi militer Sama halnya dengan surat biasa (snail mail) yang
harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan
oleh seseorang melalui komputer yang tersambung ke internet sebuah email masuk
ke beberapa komputer lain di sepanjang jaringan internet. Komputer-komputer itu
disebut dengan email server. Ketika email tersebut sampai ke server yang
menjadi tujuan (seperti yang ditunjuk pada alamat email – kepada siapa kita
menulis email) email tersebut disimpan pada sebuah emailbox. Si pemilik alamat
email baru bisa mendapatkan email itu kalau yang bersangkutan mengecek
emailbox-nya. Jadi, tidak benar kalau dibayangkan bahwa untuk bisa menerima
email kita harus terhubung terus menerus dengan internet. Untuk bisa menerima
email kita mesti memiliki sebuah account pada suatu email server, yang tentu
berada pada sebuah ISP (Internet Service Provider). Ini sama dengan bila kita
memiliki alamat rumah kita. Hanya bedanya, bila pada snail mail kita hanya bisa
menerima surat manakala kita berada di alamat kita, sedangkan pada email, kita
bisa menerimanya di mana saja kita berada. Misalnya saya bisa mengecek
email-email yang datang ke alamat email saya yahoo.com - yang normal-nya
saya buka di Bekasi, ketika saya
sedang berada di Surabaya atau di Amerika sekalipun. Bagaimana hal ini bisa
dijelaskan ? Hal itu bisa dilakukan karena bila kita bisa mengkontak sebuah
email server di mana kita punya account email, maka kita bisa mengambil /
men-download semua email yang ditujukan kepada alamat email yang kita miliki.
Untuk itu kita mesti memperhatikan protokol penerimaan dan pengiriman email.
Protokol di sini maksudnya adalah sebuah prosedur standard untuk mengatur
transmisi data di antara komputer-komputer. Untuk pengiriman, protokolnya
adalah SMTP, singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol; untuk penerimaan,
protokolnya adalah POP singkatan dari Post Office Protocol. Setiap email server
memiliki SMTP dan POP yang berbeda-beda. Bila kita bisa menguasai cara
mengontak SMTP dan POP dari lokasi yang berbeda, sebenarnya ini bisa mengatasi
masalah kepemilikan komputer dan koneksi internet. Bila kita tidak memiliki
sendiri komputer dan koneksi ke internet, kita masih bisa men-download email
yang ditujukan kepada alamat email kita. Alternatif untuk itu misalnya (1)
menggunakan email client yang mampu menangani lebih dari satu account (multiple
account) - bisa saja kita nebeng komputer teman atau komputer kampus; atau (2)
mendownload email di cybercafe atau rental-rental komputer yang kini bertebaran
di mana-mana.
Perkembangan
Email
Mulai tahun 1980-an email sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum, baik itu email gratisan maupun yang berbayar. Saat ini banyak email berbasis web yang diberikan secara cuma-cuma oleh Telkom, Yahoo!, Google, MSN, dll. Kapasitasnya pun bervariasi mulai dari 100 mb sampai yang tak terbatas.
Akibatnya, kini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya karena masyarakat lebih memilih email sebagai media penyampai pesannya.
C. Sejarah
Lambang Email
Kita tentu sudah sangat familiar dengan penggunaan internet, terutama
email. Memang, teknologi ini sangat membantu dalam banyak hal. Betapa tidak,
dokumen-dokumen penting yang dulu jika dikirimkan dengan cara konvensional bisa
memakan waktu berhari-hari, dengan email hanya butuh beberapa menit, bahkan
detik!
Teknologi email kini juga tak hanya bisa mengirimkan data berupa dokumen dan foto. Bahkan, file-file berukuran besar berisi hal penting, mulai dari film hingga berbagai catatan penting lain juga bisa dikirim via email. Tak heran, email kini menjadi salah satu teknologi andalan untuk berbagai kepentingan. Tentu, kita juga tak bisa menafikan beberapa hal negatif karena email, seperti spam dan junk mail alias email sampah yang tak kita butuhkan.
Lepas dari semua sensasi dan kemudahan dari penggunaan email, tahukah Anda jika ada satu huruf penentu dalam email yang sangat penting? Yah, pasti Anda mengenal tanda huruf @ atau sering dilafalkan dengan kata "at". Tanpa menggunakan huruf @, alamat email yang kita tuju bisa jadi tak kan sampai pada sasaran.
Tapi, tahukah Anda jika sang penemu lambang itu, justru tidak membayangkan jika huruf @ itu akan menjadi ikon penting dalam dunia teknologi internet secara keseluruhan. Adalah Ray Tomlison, seorang insinyur pendiam yang menemukan lambang tersebut. Ia bekerja pada sebuah organisasi bernama BBN. Di perusahaan itulah, pada tahun 1972, Ray berhasil menjadi orang pertama yang sukses mengirimkan email pertama antara dua mesin. Tentu, pada masa itu, Ray belum berpikir bahwa email yang diciptakannya akan menjadi salah satu penemuanpenting di dunia.
Karena itu, ia pun tak perlu bersusah-susah saat memilih pungtuasi alias tanda yang dibutuhkan sebagai kode untuk pengiriman email tersebut. Maka, Ray mengaku dirinya tak berpikir panjang untuk memilih lambang @ saat itu. ""Karena saya yang pertama [menemukan], jadi saya bisa leluasa memilih pungtuasi yang saya inginkan. Saya memilih lambang @ karena lambang ini, lumayan membantu, sebab mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju," sebut Ray dalam sebuah catatan yang ditulis Katie Hafner dan Matthew Lyon dalam bukunya: Where Wizards Stay Up Late: The Origins of the Internet.
Apapun alasan yang disebut Ray, yang jelas, lambang @ saat ini telah menjadi lambang yang sangat penting dalam dunia internet. Dan, lebih jauh dari itu, lambang itu kini bisa jadi adalah lambang yang telah mengubah peta teknologi dunia secara umumnya. Jadi, jangan anggap remeh penemuan yang Anda lakukan, bisa jadi, suatu saat kelak, apapun bentuk penemuan itu, asal berguna bagi orang lain, akan berguna juga bagi dunia.
Teknologi email kini juga tak hanya bisa mengirimkan data berupa dokumen dan foto. Bahkan, file-file berukuran besar berisi hal penting, mulai dari film hingga berbagai catatan penting lain juga bisa dikirim via email. Tak heran, email kini menjadi salah satu teknologi andalan untuk berbagai kepentingan. Tentu, kita juga tak bisa menafikan beberapa hal negatif karena email, seperti spam dan junk mail alias email sampah yang tak kita butuhkan.
Lepas dari semua sensasi dan kemudahan dari penggunaan email, tahukah Anda jika ada satu huruf penentu dalam email yang sangat penting? Yah, pasti Anda mengenal tanda huruf @ atau sering dilafalkan dengan kata "at". Tanpa menggunakan huruf @, alamat email yang kita tuju bisa jadi tak kan sampai pada sasaran.
Tapi, tahukah Anda jika sang penemu lambang itu, justru tidak membayangkan jika huruf @ itu akan menjadi ikon penting dalam dunia teknologi internet secara keseluruhan. Adalah Ray Tomlison, seorang insinyur pendiam yang menemukan lambang tersebut. Ia bekerja pada sebuah organisasi bernama BBN. Di perusahaan itulah, pada tahun 1972, Ray berhasil menjadi orang pertama yang sukses mengirimkan email pertama antara dua mesin. Tentu, pada masa itu, Ray belum berpikir bahwa email yang diciptakannya akan menjadi salah satu penemuanpenting di dunia.
Karena itu, ia pun tak perlu bersusah-susah saat memilih pungtuasi alias tanda yang dibutuhkan sebagai kode untuk pengiriman email tersebut. Maka, Ray mengaku dirinya tak berpikir panjang untuk memilih lambang @ saat itu. ""Karena saya yang pertama [menemukan], jadi saya bisa leluasa memilih pungtuasi yang saya inginkan. Saya memilih lambang @ karena lambang ini, lumayan membantu, sebab mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju," sebut Ray dalam sebuah catatan yang ditulis Katie Hafner dan Matthew Lyon dalam bukunya: Where Wizards Stay Up Late: The Origins of the Internet.
Apapun alasan yang disebut Ray, yang jelas, lambang @ saat ini telah menjadi lambang yang sangat penting dalam dunia internet. Dan, lebih jauh dari itu, lambang itu kini bisa jadi adalah lambang yang telah mengubah peta teknologi dunia secara umumnya. Jadi, jangan anggap remeh penemuan yang Anda lakukan, bisa jadi, suatu saat kelak, apapun bentuk penemuan itu, asal berguna bagi orang lain, akan berguna juga bagi dunia.
D. Pengertian
Email (Surat Elektronik)
Email adalah fasilitas di internet untuk keperluan surat menyurat.
Sebagaimana layaknya kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos, email mampu
menangani jasa pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk data elektronik
(file), termasuk jasa e-card (kartu ucapan elektronik). Untuk memanfaatkan
fasilitas email, sebelumnya harus memiliki sebuah alamat email, yang lazim
disebut email address atau email account. Account email dapat diperoleh dari
sebuah situs penyedia fasilitas email. Hingga saat ini, fasilitas e-mail banyak
disediakan secara gratis oleh situs-situs internetlokal dan internasional
(tidak dibedakan fungsinya).
Bentuk umum sebuah alamat email adalah sebagai berikut:
· nama :
identitas alamat pemilik email (login nama atau user id).
· @ :
dibaca at (artinya di).
· situs.com :
alamat situs penyedia fasilitas email.
Kode akhiran situs (seperti .com atau .net) menyesuaikan kategori yang
dimiliki situs penyedia fasilitas email tersebut. Sebagai contoh : yandri@telkom.net Dibaca
“e-mail si Yopi di telkom.net”(Yandri memanfaatkan layanan situs dari
telkom.net). Bisa saja seseorang dengan nama yang sama memiliki alamat e-mail
lebih dari satu, baik pada situs penyedia e-mail yang sama maupun yang
berlainan. Misalnya untuk mempermudah pengelolaan surat, dibua satu alamat
e-mail untuk surat-surat pribadi dan satu alamat e-mail untuk urusan bisnis.
Jika digunakan fasilitas e-mail dari situs yang sama, maka identitaas nama
kedua e-mail hrs dibedakan, contoh:
Meskipun
demikian, untuk alamat e-mail pribadi, sebaiknya cukup dimiliki satu atau dua
saja karena jika terlalu banyak menjadi tidak efisien dan akan membuat repot
sendiri untuk mengingat dan mengelolanya.
E. Kelebihan
dan kekurangan email
· Kelebihan
menggunakan email :
- Cepat/sangat cepat karena hanya perlu beberapa menit .
- Mudah karena kita cukup mengetik di komputer .
- Multiple send dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus.
- Dapat mengirim file attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain.
- Kapan saja dan dimana saja [ tidak ada perbedaan lokasi dan waktu.
- Biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia
- Cepat/sangat cepat karena hanya perlu beberapa menit .
- Mudah karena kita cukup mengetik di komputer .
- Multiple send dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus.
- Dapat mengirim file attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain.
- Kapan saja dan dimana saja [ tidak ada perbedaan lokasi dan waktu.
- Biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia
· Kekurangan
menggunakan email :
- harus online [ connect ke internet ]
- text dan gambar only yang dapat dikirim [ tidak bisa kirim paket / barang hehehe ]
- tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas ataubelum
-harus ingat username dan password
- ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.
- harus online [ connect ke internet ]
- text dan gambar only yang dapat dikirim [ tidak bisa kirim paket / barang hehehe ]
- tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas ataubelum
-harus ingat username dan password
- ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.
F. Cara Membuat
Email
Salah satu
yang akan dibahas adalah cara membuat email dengan menggunakan yahoo emailanda
ketik www.mail.yahoo.com Apabila kita telah memiliki Account silahkan masukkan
username dan password kemudian klik sign in [ masuk ]Apabila belum maka kita
harus daftar terlebih dahulu yaitu dengan klik di bagian yang bertuliskan SIGN
UPSetelah diklik SIGN UP maka akankeluar halaman pendaftaran isi seluruh field
yang disediakan dan biasanya yang bertan dan bintang * [ wajib di isi ]. Salah
satu syaratisi adalah mengerti bahasa inggris sedikit. Masukkan firstname
danlastname [ nama Anda / bukan id ] yahoo userID [username] yang unik [nama
tersebut akan menjadi alamat email Anda kelak ] masukkan password yang hanya
Anda tahu dan mudah di ingat. Isi bagian if you forget your password. Data
tersebut digunakan untuk Anda saat Anda meminta passwordkarena lupa. Kemudian dibawah
akan muncul sebuah gambar berisikan character dan angka acak [ verify your
registration ]. Isikan sesuaidengan urutan tersebut [ yahoo ingin memastikan
yang daftar manusiabukan bot. Setelah selesai klik I Agree.Demikian juga untuk
mendaftar di web mail gratis lainnya [ Sign up - isi data pribadi - I agree -
lanjutkan ]Sangat mudah bukan Selamat mendaftar5. Cara menggunakan
emailDengancara menggunakan â€browserâ€, seperti Internet Explorer atau
MozillaFirefox.
Metode ini
disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakanmedia web sebagai perantara
ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Dan Gmail. Untuk
menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaanonline. Layanan surat elektronik
berbasis web biasanya disediakan olehpenyelenggara layanan email gratis.Menggunakan
program pengaksessurat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail,
OutlookExpress, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program
sepertiini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari
ISP.Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perluterhubung
secara terus-menerus dengan internet dan puluhan suratelektronik dapat diterima
dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus.Kelebihan yang lainnya adalah
perangkat lunak ini menyediakanfungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email
secara offline. Dengandemikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.Salah
satu contoh yang akan dibahas adalah Yahoo mail : Setelah Anda mendaftar yang
paling pentingadalah cara menggunakan email tersebutYang utama adalah saat Anda
ingin menggunakan email
Anda harus Login terlebih dahulu atau Sign inIsi username [ id Anda ] dan password kemudian klik sign-in.Setelah Anda sign in dan tidakberhasil maka ada text user id salah atau password salah. Apabila Andalupa dengan password Anda klik forget your ID Password. Masukkan data yang saat Anda isi pertama kali [ harus ngat waktu register Anda isiapa ]. Dan apabila berhasil maka Anda akan masuk ke halaman utamamailbox. Dalam mailbox Anda sebelah kiri terdapat inbox [ email yangmasuk ], draft [ email yang disimpan ], sent [ email yang telahterkirim ], bulk [ email yang dianggap spam oleh yahoo, hati hati untukmembuka email tersebut. Apabila tidak jelas dihapus saja jangan dibuka], dan trash [ email yang telah dihapus dan siap untuk di deletepermanent.Kliklah Inbox untuk melihatemail-email yang telah dikirim orang lain untuk Anda inbox [ 21 ]artinya ada 21 email yang belum kita baca. Dan saat masuk kedalam inboxakan tampil list email-email. Tulisan tebal
artinya kita belum pernahmembuka [ membaca ] email tersebut. Tulisan biasa artinya kita sudahpernah membacanya. Klik di bagian subject untuk melihat isi emailtersebut. Demikianlah cara membaca email.6. Cara mengirim emailSalah satu contoh yang akan dibahas adalah Yahoo mail :Setelah Anda mengetahui cara mendaftar dan cara menggunakan email sekarang saatnya untuk mengirim emailKlik â€compose†untuk mengirim sebuah emailSetelah clik compose maka akan muncul windows khusus untuk mengirim emailMasukkan to : alamat email tujuan [ usernameteman@yahoo.com ]Dan masukan subject : Title [perihal , kalimat pokok ]. Dan ketik isi dibagian bawahnya apa sajayang ingin disampaikan.Untuk mengirim multiple mail maka di bagian to: gunakan koma [, ] sebagai pembatas email 1 dan lainnyaUntuk mengirim file gambar / mp3 atau file lainnya klik Attachment [ Attach file ] dan masukkan file tersebut.Ingat!! Ketik surat Anda dinotepad terlebih dahulu setelah itu copy ke bagian isi mail dan kliksend saat ingin mengirimnya. Hal ini berguna agar saat send gagal Andatidak perlu mengetik ulang. tinggal ctrl+c [ copy ] dan ctrl+v [ paste]. Dan setelah selesai semua. Jangan LUPA untuk Sign Out / Log out /Keluar !!! Agar orang lain tidak dapat membaca email Anda.
Anda harus Login terlebih dahulu atau Sign inIsi username [ id Anda ] dan password kemudian klik sign-in.Setelah Anda sign in dan tidakberhasil maka ada text user id salah atau password salah. Apabila Andalupa dengan password Anda klik forget your ID Password. Masukkan data yang saat Anda isi pertama kali [ harus ngat waktu register Anda isiapa ]. Dan apabila berhasil maka Anda akan masuk ke halaman utamamailbox. Dalam mailbox Anda sebelah kiri terdapat inbox [ email yangmasuk ], draft [ email yang disimpan ], sent [ email yang telahterkirim ], bulk [ email yang dianggap spam oleh yahoo, hati hati untukmembuka email tersebut. Apabila tidak jelas dihapus saja jangan dibuka], dan trash [ email yang telah dihapus dan siap untuk di deletepermanent.Kliklah Inbox untuk melihatemail-email yang telah dikirim orang lain untuk Anda inbox [ 21 ]artinya ada 21 email yang belum kita baca. Dan saat masuk kedalam inboxakan tampil list email-email. Tulisan tebal
artinya kita belum pernahmembuka [ membaca ] email tersebut. Tulisan biasa artinya kita sudahpernah membacanya. Klik di bagian subject untuk melihat isi emailtersebut. Demikianlah cara membaca email.6. Cara mengirim emailSalah satu contoh yang akan dibahas adalah Yahoo mail :Setelah Anda mengetahui cara mendaftar dan cara menggunakan email sekarang saatnya untuk mengirim emailKlik â€compose†untuk mengirim sebuah emailSetelah clik compose maka akan muncul windows khusus untuk mengirim emailMasukkan to : alamat email tujuan [ usernameteman@yahoo.com ]Dan masukan subject : Title [perihal , kalimat pokok ]. Dan ketik isi dibagian bawahnya apa sajayang ingin disampaikan.Untuk mengirim multiple mail maka di bagian to: gunakan koma [, ] sebagai pembatas email 1 dan lainnyaUntuk mengirim file gambar / mp3 atau file lainnya klik Attachment [ Attach file ] dan masukkan file tersebut.Ingat!! Ketik surat Anda dinotepad terlebih dahulu setelah itu copy ke bagian isi mail dan kliksend saat ingin mengirimnya. Hal ini berguna agar saat send gagal Andatidak perlu mengetik ulang. tinggal ctrl+c [ copy ] dan ctrl+v [ paste]. Dan setelah selesai semua. Jangan LUPA untuk Sign Out / Log out /Keluar !!! Agar orang lain tidak dapat membaca email Anda.
G. Manfaat
Email
Ditemukannya
internet sungguh-sungguh luar biasa. Kita bisa menghemat
waktu, tenaga dan uang untuk bertukar informasi dengan rekan-rekan kita di
bagian belahan dunia yangtidakbisaterjamahdenganmudah.
Bahkan dengan surat elektronik ini kita bisa menggaet teman baru sebanyak-banyaknya, karena di internet kita bisa dengan mudah menemukan profile-profile baru yang kita kehendaki.
Bagi yang sudah bertahun-tahun ?mengabdikan? diri menghadapi layar monitor menatap dunia maya, pasti tidak heran kalau dia sering menerima email-email, yang berguna dan yang tidak berguna. Yang tidak berguna contohnya email iklan, bom email, email virus, email fishing (pemancing) dll. Malah terkadang kita menerima email dari orang yang kita kenal secara bertubi-tubi, padahal yang bersangkutan belum tentu mengirim email itu. Sebelum kita membicarakan tentang seluk beluk manfaat dan madlarat email dan macam-macamnya, baik kita bicara mulai dari dasar dulu, bagaimana berkirim email secara menyenangkan.
Seperti berikirim surat lewat pos, berkirim email juga punya etika.
Berikut TOP TEN etiket dalam berkirim email :
Bahkan dengan surat elektronik ini kita bisa menggaet teman baru sebanyak-banyaknya, karena di internet kita bisa dengan mudah menemukan profile-profile baru yang kita kehendaki.
Bagi yang sudah bertahun-tahun ?mengabdikan? diri menghadapi layar monitor menatap dunia maya, pasti tidak heran kalau dia sering menerima email-email, yang berguna dan yang tidak berguna. Yang tidak berguna contohnya email iklan, bom email, email virus, email fishing (pemancing) dll. Malah terkadang kita menerima email dari orang yang kita kenal secara bertubi-tubi, padahal yang bersangkutan belum tentu mengirim email itu. Sebelum kita membicarakan tentang seluk beluk manfaat dan madlarat email dan macam-macamnya, baik kita bicara mulai dari dasar dulu, bagaimana berkirim email secara menyenangkan.
Seperti berikirim surat lewat pos, berkirim email juga punya etika.
Berikut TOP TEN etiket dalam berkirim email :
1.
Hindari spam, bombing.
Spamming adalah pengiriman email secara berulang-ulang dengan topik berbeda
atau sama. Orang yang menerima spam ini akan jengkel, karena bisanya isinya
menawarkan informasi, produk atau jasa yang sebenarnya tidak kita butuhkan.
Sedang email bomb adalah pengiriman email dengan subject sama secara
bertubi-tubi dengan maksud mailbox penerima cepat penuh.
Termasuk spamming adalah mengirim email terlalu sering, kecuali diminta.
Kenapa? Karena orang yang dikirimi email akan merasa jenuh. Memang kita kadang menyangka kalau orang yang kita kirimi email akan selalu merasa senang. Padahal belum tentu. Apalagi kalau isi emailnya itu-itu saja. Supaya tidak membosankan, kirimlah email lagi kalau anda sudah mendapat balasan. Tapi jangan juga terlalu lama tidak mengirim email. Teman anda bisa lupa.
Termasuk spamming adalah mengirim email terlalu sering, kecuali diminta.
Kenapa? Karena orang yang dikirimi email akan merasa jenuh. Memang kita kadang menyangka kalau orang yang kita kirimi email akan selalu merasa senang. Padahal belum tentu. Apalagi kalau isi emailnya itu-itu saja. Supaya tidak membosankan, kirimlah email lagi kalau anda sudah mendapat balasan. Tapi jangan juga terlalu lama tidak mengirim email. Teman anda bisa lupa.
2. Jangan
memforward email tanpa diedit.
Seringkali
kita punya berita bagus yang perlu kita teruskan/forward ke orang lain. Kalau
setting si penerima masih manual, pesan yang diforward itu setiap line akan
dihiasi oleh tag seperti ini: > . Usahakan tag-tag ini dibuang dulu biar
email kelihatan rapi. Kalau anda orang pertama yg memforward, baru satu tag
saja setiap barisnya. Tapi kalau anda yang ke 2, 3, 4 dst, maka tagnya terus
bertambah. Email jadi tidak menyenangkan. Dalam memforward ini, rule #1
juga harus digunakan yaitu, jangan terlalu sering.
3. Ganti
judul email bila perlu.
Biasanya ini
musti dilakukan dalam sebuah forum atau mailing list. Saking asyiknya
balas-balasan, topiknya jadi bergeser. Kalau subject pembicaraan sudah
bergeser, gantilah subjeknya. Tentu ini ada alasanya, selain tidak
membingungkan peserta lain, pencarian/pelacakan file-file topik diskusi yang
sudah lewat jadi mudah.
4. Body
reply jangan dikirim semua.
Lama-lama
email yang kita reply akan tertambah sizenya. Hal ini terjadi karena tiap kali
kita membalas email, seluruh email yang akan kita balas kita kirimkan lagi.
Untuk menghindarinya, hapuslah sebagian body email yang akan kita reply.
Sisakan kalimat-kalimat yang perlu kita jawab saja.
5. Jangan
tanggapi email ?TBC?.
Anda mungkin
pernah menerima email yang menyuruh anda untuk meneruskannya ke sejumlah orang,
supaya bernasib baik. Kalau tidak diteruskan ke sekian orang, maka anda akan
ketimpa sial. Email semacam ini jangan ditanggapi. Ini namanya email TBC
(takhayul, bid'ah dan khurafat). Teruskan saja ke tong sampah.
6. Jaga
account orang lain.
Kalau anda
mereply atau berkirim email, jangan sertakan email-email yang tidak anda kenal
atau anda kenal dalam heading ?To? nya. Kalau itu anda lakukan, sama saja anda
memaksakan anak gadis anda berkenalan dengan lelaki yang bukan muhrimnya.
Akibatnya accaount email-email orang yang muncul di email orang lain, bisa
tersebar luas, dibajak, dan dispam. Kalau terpaksa mengirim email ke puluhan
atau ratusan orang, gunakan header BCC (blind carbon copy), supaya
alamat-alamat email yg banyak itu tidak muncul di halaman muka penerima email
anda.
7. Hindari
Full Caps Lock / huruf besar semua.
Supaya
menarik perhatian pembaca, kadang kita menggunakan huruf besar alias capital
word, yang di keyboard disebut caps lock. Menggunakan huruf besar secara full,
akan mendapat image, bahwa anda sedang marah dan tidak tahu etika. Tampilan
email pun jadi tidak menarik kalau penulisannya menggunakan huruf besar semua.
Gunakan caps bila mana PERLU saja. Kalau tidak PERLU tidak perlu DIGUNAKAN.
8. Hindari
kalimat singkat dalam mereply.
Misalkan
teman anda panjang lebar menulis email, bercerita tentang keindahan alam
Mesopotamia . Lalu anda membalasnya dengan kalimat singkat, ?oh ya?? atau ?enak
ya?, ?benarkah? dan semacamnya. Kalau belum punya konsep, mendingan tidak usah
mereply emailnya. Sebab kalimat ungkapan begitu cuma bikin gregetan dan hanya
pantas diketik di chating saja.
9. Cek ulang
sebelum di “send”.
Setelah
email rapi ditulis, luangkan waktu untuk mengecek ulang ejaan, susunan kalimat
dan kalau perlu tata bahasanya. Sebab sekali tombol ?send? kita klik, tidak
bisa dicancel atau dibatalkan. Semuanya langsung terkirim ke recipient dalam
hitungan detik.
10.
Bersabarlah menerima balasan.
Kalau sudah
dikirim, sabarlah menanti balasannya. Sebab tidak semua orang punya akses yang
mudah untuk berinternet ria. Tidak semua orang punya waktu luang membaca
email-email anda.
H. Jenis
Email
Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
a. Pop Mail
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda
Kelebihannya :
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya :
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
b. Web Based Mail
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya :
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
c. Email Forwarding
Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
a. Pop Mail
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda
Kelebihannya :
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya :
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
b. Web Based Mail
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya :
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
c. Email Forwarding
Kelebihannya :
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
I. Cara
Penerimaan Email
Ada dua jenis cara penerimaan
email, yaitu dengan POP (Post Office Protocol) ataupun dengan Web Based Email
(Email yang dapat dilihat dari website, menggunakan tekonologi IMAP
(Internet_Message_Access_Protocol). POP saat ini sudah memasuki versi 3,
sehingga lebih dikenal dengan nama POP3 (Post Office Protocol version 3).
Dengan menggunakan POP3, maka email dapat diambil dari server dan disimpan di
email client (seperti Outlook Expres, Eudora, dan The Bat), sedangkan dengan
menggunakan Web Based Email (seperti Yahoo dan Gmail), pemakai dapat membaca
email yang diterimanya dan melakukan interaksi dengan email tersebut (membaca,
menulis, membalas, menghapus, dll) secara user friendly.
Sekarang ini hampir sebagian besar
layanan email, baik yang gratis maupun yang menarik bayaran, sudah menyediakan
keduanya, POP dan web-based email. Berikut ini diberikan tabel berupa kelebihan
dan kekurangan penggunaan email berbasiskan POP maupun Web Based Email.
(a) Contoh
Web-based Email (b) Contoh Email Client
Gambar 2.
Contoh Web-Based Email dan Email Client
Komponen
|
POP3
|
Web Based Email
|
Kemudahan dalam pengarsipan
|
Lebih mudah dalam pengarsipan, karena email disimpan
di komputer pengguna
|
Sulit diarsipkan, karena email tersimpan di komputer
server. Jika sewaktu-waktu server mengalami masalah, ada kemungkinan email
dapat hilang begitu saja.
|
Fleksibilitas
|
Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja.
|
Karena berada pada server yang dapat dibuka dari
jaringan internet, maka pemakai dapat membuka email miliknya dari sembarang
tempat yang memiliki kases internet.
|
Ukuran media penyimpanan
|
Karena menggunakan komputer pribadi, besarnya media
penyimpanan yang dapat digunakan untuk menampung email dapat tak terbatas (tergantung budgetpengguna)
|
Karena menggunakan komputer orang lain (komputer
server), besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas, tergantung
penyedia email tersebut.
|
Tabel 2. Perbedaan POP dengan Web Based Email
Proses Penerimaan Email
Pada penerimaan email dengan
menggunakan POP3, digunakan suatu program yang dinamakan email client.
Email client berfungsi untuk menerima email-email yang masuk ke komputer
pengguna. Beberapa contoh email client adalah Outlook Express, Microsoft
Outlook, The Bat, Eudora, dan masih banyak lagi yang lainnya.
POP3 biasanya selalu disandingkan
dengan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Fungsi dari keduanya saling
mendukung, di mana POP3 digunakan untuk mengambil email dari komputer server ke
komputer client (pengguna), dan SMTP digunakan untuk mengirimkan email dari
komputer client yang dititipkan ke pada komputer server untuk dikirimkan ke
komputer server tujuan. Perhatikan gambar di bawah ini:
a. SMTP Server
Perhatikan gambar di bawah ini. Pada
dasarnya email yang dikirim oleh SMTP server akan ditampung sementara oleh
komputer server untuk dikirim ke komputer server tujuan. Komputer server
pengirim dan komputer server penerima berinteraksi pada port 25 untuk melakukan
pengiriman email.
Logika serah-terima email
tersebut adalah sebagai berikut:
Misalnya ada pengguna dengan alamat email aku@aku.com ingin mengirimkan email ke kamu@kamu.com dari email client. Ketikaaku@aku.com mengirimkan email ke kamu@kamu.com terjadi hal-hal berikut ini:
Misalnya ada pengguna dengan alamat email aku@aku.com ingin mengirimkan email ke kamu@kamu.com dari email client. Ketikaaku@aku.com mengirimkan email ke kamu@kamu.com terjadi hal-hal berikut ini:
1. Email
client melakukan komunikasi dengan aku.com menggunakan port 25.
2. Email
client berkomunikasi dengan SMTP server, memberitahukan kepada SMTP server
mengenai alamat pengirim dan penerima sekaligus dengan isi pesan yang
dikirimkan.
3. SMTP
server mengambil alamat tujuan dan membaginya menjadi dua bagian
· Bagian
pertama : kamu
· Bagian
kedua : kamu.com
4. SMTP
server melakukan komunikasi dengan DNS (Domain Name Server) dan meminta alamat
IP dari kamu.com.
5. Setelah
IP didapatkan, SMTP server aku.com berkomunikasi dengan STMP server kamu.com
menggunakan port 25, dengan cara yang persisi sama yang dilakukan antara email
client dengan SMTP server aku.com.
6. Setelah
pesan masuk ke mesin server kamu.com, pengguna kamu@kamu.comdapat melihat pesan email, entah dengan POP3 maupun
dengan IMAP.
b. POP3
Server
Hal yang terjadi pada POP3 Server
sebenarnya sangatlah sederhana, yaitu hanya mengumpulkan email yang masuk saja,
dan mengirimkannya melewati port 110 ke komputer client jika client meminta
email-email tersebut. Untuk melihat maupun mengambil email dengan menggunakan
POP3 maupun web based email, diperlukan username dan password agar tidak
sembarang orang dapat melihat email tersebut.
J. MENGENAL
FASILITAS E-MAIL
Beberapa fasilitas e-mail antara lain sebagai berikut :
· Inbox
Merupakan
tempat menyimpan surat atau e-mail sebagai mana layaknya sebuah folder penyimpanan
file di dalam komputer. Inbox dapat digunakan untuk memeriksa surat, membaca
serta mengelolanya.
· Check
Mail
Merupakan
fasilitas link perintah untuk mencek surat – surat yang baru masuk atau membaca
surat – surat lama yang berada di Inbox.
· Compose
Merupakan
fasilitas link perintah untuk menampilkan lembar pembuatan surat baru yang akan
dikirim
· Folders
Merupakan
fasilitas pengarsipan bagi surat – surat, baik surat yang telah terkirim maupun
surat yang telah diterima.
· Address
Book
Merupakan
fasilitas untuk membuat yang menyimpan daftar alamat e-mail penting (misalnya
e-mail relasi dan rekan).
· Reply
Merupakan
fasilitas link perintah untuk menampilkan lembar pembuatan surat balasan
berdasarkan sebuah e-mail yang telah dibaca. Melalui fasilitas ini, tidak perlu
lagi mengetik alamat e-mail tujuan dan judul surat, cukup mengetik pesan
balasan di atas pesan yang diterima.
· Forward
Merupakan
fasilitas untuk mengirim kembali sebuah e-mail yang diterima tanpa melakukan
perubahan pada isi e-mail.
· Trash
Merupakan
tempat pembuangan sementara di e-mail yang sudah di hapus dan tidak diperlukan
lagi.
· Attachment
Merupakan
fasilitas untuk menyertakan data lampiran pada pesan e-mail yang akan dikirim (
misalnya file dokumen atau foto)
· Option/Configuration
Merupakan
fasilitas untuk mengatur account e-mail seperti mengubah data personal, memberi
tanda identitas otomatis pada bagian akhir setiap surat, memblokiran alamat
e-mail tertentu, pengubahan password dan sebagainya.
· Bulk
Mail
Merupakan
fasilitas tambahan yang disediakan situs-situs tertentu untuk menyaring dan
menyimpan scara otomatis penerimaan e-mail baru yang dianggap tidak penting
atau mengganggu seperti e-mail promosi atau sejenisnya.
· Signature
Merupakan
fasilitas pemberian tanda identitas pengirim surat otomatis yang akan selalu
disertakan pada bagian akhir setiap e-mail baru yang dikirim (dapat dibuat
melalui fasilitas option).
BAB III
Kesimpulan dan Saran
A. Kesimpulan
Melalui komunikasi, sikap dan
perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan
tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat
ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut.
Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya melalui kata-kata (lisan), gerak anggota tubuh, atau melalui media tertentu. Komunikasi yang baik memiliki komponen komunikasi yaitu:
Pengirim atau komunikator (sender), Pesan (message, Saluran (channel), Penerima atau komunikate (receiver, dan Umpan balik (feedback).
Komunikasi menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien dengan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia zaman sekarang. Bahkan dapat dikatakan, seluruh aspek kehidupan telah bersentuhan dengan teknologi komunikasi.
Teknologi Komunikasi memiliki dampak positif yang besar terhadap pendidikan, tetapi juga memiliki dampak negatif, oleh karena itu perlu meminimalisasi dampak negatif tersebut.
Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya melalui kata-kata (lisan), gerak anggota tubuh, atau melalui media tertentu. Komunikasi yang baik memiliki komponen komunikasi yaitu:
Pengirim atau komunikator (sender), Pesan (message, Saluran (channel), Penerima atau komunikate (receiver, dan Umpan balik (feedback).
Komunikasi menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien dengan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia zaman sekarang. Bahkan dapat dikatakan, seluruh aspek kehidupan telah bersentuhan dengan teknologi komunikasi.
Teknologi Komunikasi memiliki dampak positif yang besar terhadap pendidikan, tetapi juga memiliki dampak negatif, oleh karena itu perlu meminimalisasi dampak negatif tersebut.
B.
Saran
Semoga makalah ini dapat menggerakkan manusia Indonesia untuk lebih
berkarya dan berinovasi sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia
sehingga mampu meningkatkan image bangsa di mata bangsa di dunia.
BAB IV
Daftar Pustaka
Jasmadi. Menggunakan Fasilitas
Internet. Andi Offset. Yogyakarta : 2004.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar